Sabtu, 08 April 2017

Biografi Dr. Zakir Naik




 Assalamu’alaikum WR.WB

Apa kabar kawan- kawan semua semoga selalu dalam lindungan Allah SWT. Amiinn…
Kali ini saya akan membahas tentang Dr. Zakir Naik siapakah beliau pastinya sudah tidak asing lagi yaa kawan- kawan yaa benar sekali salah satu pembicara muslim yang berasal dari India selain itu beliau juga seorang penulis yang banyak menulis buku mengenai islam dan perbandingan agama lain .

Nama lengkapnya ialah Zakir Abdul Karim Naik lahir di kota Mumbai, India tepatnya pada tanggal 18 Oktober 1965 . Ayahnya bernama Abdul Karim Naik . Beliau pernah sekolah di St. Peter's High School (ICSE) di kota kelahirannya yaitu Mumbai kemudian beliau melanjutkan sekolah di Kishinchand Chellaram College dan kemudian ke Topiwala National Medical College, di sekolah tersebut, beliau banyak mempelajari mengenai ilmu kesehatan.

Awal Menjadi Pendakwah

Zakir Naik kemudian melanjutkan kuliah di University of Mumbai di jurusan ilmu kedokteran dan memperoleh gelar MBBS (Bachelor of Medicine Bachelor Of Surgery) kemudian beliau bekerja sebagai dokter di kota Mumbai .


Namun pada tahun 1990 beliau menyatakan berhenti bekerja menjadi dokter dan kemudian beliau mantap memilih untuk menjadi Pendakwah Islam . Beliau terinspirasi oleh Ahmed Deedat yang lebih dulu mendakwahkan agama Islam sekitar 40 tahun lebih.
Selain itu tujuan dakwah beliau yaitu untuk menghilangkan pandangan negatif orang anti islam kepada orang islam mengenai tragedi 11 September 2011 di Amerika Serikat.

Selama aktif menjadi pendakwah beliau sudah banyak keliling dunia untuk mengunjungi banyak Negara untuk mendakwahkan agama islam dan rata- rata ceramah itu paling banyak dilakukan di India dalam acara itu banyak orang yang menghadiri bukan hanya dari Agama Islam melainkan dari agama Kristen, Hindu, hingga Atheis mereka banyak memberikan pertanyaan kepada Zakir Naik dan tak jarang mereka sering memperdebatkan mengenai agama masing- masing.
Zakir Naik sering mendapat banyak tepuk tangan dari orang- orang yang menghadiri ceramahnya atas apa yang beliau kemukakan dan hasil dari pertanyaan dijawab dengan sangat memukau.
Zakir Naik juga sudah banyak mengislamkan ribuan orang yang biasanya mereka sebelumnya mendengarkan terlebih dahulu ceramahnya.

Hafalan Alqur’an dan Hadits serta pemahaman mengenai kitab agama lain  

Salah satu kemampuan beliau untuk memperkuat dakwahnya  yaitu memiliki daya ingat yang sangat baik beliau hafal mengenai Al-Qur’an dan Hadits Bukhari muslim tidak hanya itu beliau juga memiliki pemahaman dan hafalan mengenai kitab agama lain seperti Injil , Weda, tripitaka , Bhagavad gita . Bahkan beliau juga sering mengoreksi kutipan dari kitab agama lain seperti bible

Surat kabar Indian Express bahkan memasukkan nama Dr Zakir Naik kedalam daftar '100 orang India terkuat 2009'. Ia juga masuk dalam daftar '10 guru spiritual terbaik di India' dimana ia satu-satunya muslim dalam daftar tersebut.

Beliau menikah dengan perempuan yang bernama Farhat Naik yang ternyata beliau juga seorang pendakwah Muslim . Beliau dikarunia dua anak yaitu Fariq Zakir Naik dan Rushda Naik . Sekarang Fariq Naik telah mengikuti jejak ayahnya sebagai seorang pendakwah Muslim .
Zakir Naik juga dikenal sebagi presiden dari Islamic Research Foundation dan juga pendiri Peace TV, Peace TV Bangla dan Peace TV Urdu.

Beliau juga kemarin datang ke Indonesia untuk melakukan ceramah tepatnya pada tanggal 31 Maret hingga 9 April 2017. Beliau  mengadakan kunjungan ke pesantren serta ceramah di beberapa universitas di Indonesia, selain itu beliau juga bertemu dengan sejumlah ulama serta tokoh islam di Indonesia.

Biodata Lengkap Dr. Zakir Naik

Nama Lengkap            : Dr. Zakir Abdul Karim Naik
Lahir                            : 18 Oktober 1965 di kota Mumbai, India
Orang Tua                   : Abdul Karim Naik
Istri                              : Farhat Naik
Anak                           : Fariq Zakir Naik, Rushda Naik

Pendidikan: 

  • St. Peter's High School (ICSE)
  • Kishinchand Chellaram College
  • Topiwala National Medical College
  •  University of Mumbai (Bachelor of Medicine Bachelor of Surgery)

Pekerjaan : 
  • Dokter
  • Penulis, 
  • Pembicara Publik (Dakwah)
Jabatan : 
  • President of Islamic Research Foundation
  • Pendiri Peace TV, Peace TV Bangla dan Peace TV Urdu
Penghargaan : 
  • King Faisal International Prize for Service to Islam tahun 2015
  • 10 Guru Spiritual Terbaik di India
  •  100 Orang India Terkuat 2009.

Itulah sedikit informasi mengenai Dr. Zakir Naik sekiranya mungkin ada kesalahan dengan sangat terbuka saya menerima komentar dan masukan dari kawan- kawan semua .
Terimakasih juga untuk kawan-kawan yang sudah menyempatkan untuk membaca blog saya ini.

Wassalamu’alaikum WR.WB.

1 komentar: